Sunday, June 26, 2011

Geisha, Sebuah Kebudayaan Jepang

Geisha merupakan sebuah kebudayaan asli dari kebudayaan Jepang itu sendiri. Pada dasarnya geisha merupakan seorang seniman tradisional Jepang. Ia memberikan hiburan bukan hanya dengan tubuhnya, melainkan karena kepandaiannya menyanyi dan menari, atau bercakap-cakap dan berteka-teki. Selain itu ia memberikan hiburan yang sifatnya merupakan kepandaian merangkai bunga, samisen dan lain-lain.
Dulu orang yang menjadi geisha umumnya adalah anak yatim piatu atau berasal dari keluarga tidak mampu yang dibeli oleh ochaya (kedai teh). Menjadi seorang geisha bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Sebelum menjadi seorang geisha ia harus dilatih sedemikan rupa agar dapat membuat tamunya menjadi betah dan senang hatinya.
Geisha bukanlah sorang penghibur dalam artian prostitusi atau seks. Tari-tariannya, caranya menghibur tamu, nyanyiannya, dan segenap perilakunya adalah dalam lingkup satu tradisi yang sudah diperhitungkan secara amat cermat untuk memberikan hiburan yang tak dapat diberikan oleh seorang istri dalam lingkup masyarakat kelas tinggi.

No comments:

Post a Comment